Wednesday, 12 February 2014

Community Building- Day 1

Halo! Komunitas Pendamping Iman Anak Kotabaru 

mengadakan acara community building (commbuilt) untuk kakak-kakak baru yang akan jadi pendamping sekolah minggu dan mempersiapkan Ekaristi Anak. Commbuilt ini diadakan supaya kakak-kakak baru bisa cepat akrab satu sama lain dan dengan kakak kakak pengajar lama pula. Tanggal 8 Februari 2014 kami semua berkumpul di lapangan GKS Widyamandala masuk ke bus dan berangkat bersama sama pukul 16.00 . Setelah sampai di Villa Hanna, Kaliurang kami dapat jam bebas. Boleh mandi atau makan.

Kemudian diawali dengan doa yang dipimpin kak Mia. Setelah itu kami melakukan games bersama untuk mencairkan suasana. Kami melakukan permainan jalan serta Yesus, dimana semua kakak-kakak memegang pundak orang didepannya dan berjalan membentuk lingkarang. Lalu kami menyanyi
dan menari.



Setelah itu acara berlanjut ke sesi penjelasan tentang Pendampingan Iman Anak oleh kak Yuyus Kurniado. Kita diberi pengetahuan tentang kegiatan mengajar sekolah minggu, juga tentang  persiapan Ekaristi Anak, Pakah dan Natal untuk anak-anak. Jadi kegiatan PIA tidak hanya berpusat pada pengajaran di sekolah minggu saja.


Setelah  itu kami di kelompokkan menjadi empat warna: kuning, hijau, pink, dan biru. Kami di beri kotak yang di dalam yang berisi berbagai macam barang. Aku tergabung dalam kelompok pink dan mendapat 3 lembar kertas, spidol warna-warni, bola merah dan biru, dua gelas hijau dan dua gelas biru, manik-manik, dan alkitab. Kami diberi selembar kertas berisi tema mingguan, yang nantinya akan dipakai materi sekolah minggu, dan dengan barang-barang yang tersedia kami harus mampu menampilkan kreativitas dan cerita.

Oya, kami dapat mengambil "barang impian" atau barang tambahan untuk membantu menyampaikan kreativitas atau cerita yang kami buat. Akan tetapi ada syaratnya, yaitu dengan menjawab pertanyaan dari kak Mia, selaku jurinya.


Setelah presentasi dari masing-masing kelompok tentang kreativas yang dibuat, kami berlanjut ke sesi pengenalan anggota inti Pendamping Iman Anak. Kak Mia sebagai Koordinator Umum PIA. Aku, Cynthia, sebagai Wakil Koordinator Umum PIA. Disamping kananku ada Kak Clara dengan baju merah, sebagai bendahara, kemudian Kak Astrid sebagai Koordinator Sekolah Minggu, dan paling ujung ada Kak Tia dengan baju putih, sebagai Humas yang bertugas untuk mengingatkan rapat harian PIA.

 Lalu ada Kak Bram, selaku Koordinator EKA. Dia menjelaskan tentang tugas penanggung jawab EKA bulanan dan mencari siapa yang menjadi calon penanggung jawab tiap bulan. Tugas penanggung jawab EKA sebenarnya tidak sulit, hanya butuh koordinasi dari masing-masing seksi dan totalitas di setiap tugasnya.




Selesai sesi penjelasan tentang penanggung jawab EKA, kami memasuki sesi bebas. Ada yang nonton tv, bakar sosis dan bakso, ada juga yang langsung tidur. Kami tidak sabar bersenang-senang untuk acara besok!







No comments:

Post a Comment