Monday, 4 August 2014

a breathtaking love story

Namun lagi dan lagi kita mengenal bahasa cinta, dan halaman gereja kecil di sana, dengan nama-nama menyedihkan dan jurang rahasia menakutkan orang lain menemukan akhir mereka: lagi dan lagi kita berdua berjalan keluar menuju pepohonan tua, berbaring lagi dan lagi diantara bunga, berhadap-hadapan dengan langit.
Rainer Maria Rilke


Judul: Shiver (Beku)
Pengarang: Maggie Stiefvater
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2010
Tebal halaman: 432 halaman
Penghargaan:  
Publisher Weekly Best Book of The Year
Amazon Top Ten Books for Teens
American Library Association Best Books for Young Adults

S
hiver adalah sebuah karya Maggie Stiefvater yang hampir mirip dengan Twilight. Kedukaan cinta melebur dalam kisah manusia setengah serigala atau werewolf  bernama Sam dengan seorang gadis bernama Grace. Setiap untaian kata dalam suatu bab diceritakan dengan sudut pandang feminim, lembut,dan romantis milik Sam serta praktis, tegas, dan penuh harap milik Grace. Keduanya bertemu dalam musim dingin beku, saat Grace kecil diserang sekawanan serigala dan Sam menyelamatkannya. Sejak itu, setiap tautan mata mereka mengisahkan cinta. Grace selalu menunggu di balik jendela rumahnya, begitu pula serigalanya di pinggir hutan. Selama enam tahun cinta mereka terpendam satu sama lain. Hingga perburuan serigala yang menyebabkan Sam tertembak dan bertemu Grace dalam wujud manusia. Mereka menjalani hari penuh cinta dan tawa selama setahun, dalam kegelisahan yang disembunyikan Sam bahwa ini adalah kesempatan terakhirnya menjadi manusia. Masalah bertambah ketika Jack, teman Grace, menjadi werewolf dan mengacaukan segalanya lalu menggigit Olivia, yang menjadikan gadis itu sebagai werewolf pula. Keinginan Grace untuk bersama Sam sebagai manusia untuk bersama terus membuncah seiring cerita berjalan dan mereka menghadapi semuanya dengan genggaman tangan.
Maggie menggunakan alur maju yang sederhana dengan sudut panjang yang manis milik Sam sekaligus praktis milik Grace. Kisah cinta remaja ini selalu membuat pembaca tidak bisa melepas pandangan dan terus membaca sampai kisah ini selesai. Oleh karena, pada awalnya kisah cinta sederhana antara Sam dan Grace lalu menjadi kompleks dengan masalah-masalah lain hingga akhirnya memuncak pada harapan di akhir kisah. Namun, beberapa hal terdapat kejanggalan waktu, saat Sam menjadi werewolf pada usia tujuh tahun tetapi ketika dewasa memiliki SIM. Kisah Sam dan Grace sangat cocok untuk pembaca yang menyukai cerita cinta dengan bumbu magis di dalamnya.
Dan meninggalkanmu (tak ada kata untuk menguraikannya)
Kehidupanmu, penuh ketakutan, luas, dan sedang mekar,
sehingga kadang rasa frustasi, namun kadang memahami,

Terkadang hidupmu bagaikan batu di dalam diri, namun berikutnya, menjadi bintang

No comments:

Post a Comment